This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

Rabu, 04 Maret 2009

Tugas ZZ 1

Menulis, menulis, menulis adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Selain media penyalur bakat, kita juga bisa mencurahkan isi hati ketika gembar-gembornya (saat-saatnya)mempunyai banyak masalah. Ketika hati sedang marah, sedih hingga senang dapat tertuang dalam tulisan itu. Apalagi ketika sedang falling in love kita dapat membuat sentences yang begitu melambung-lambung.
Banyak orang yang menganggap bahwa menulis merupakan "pekerjaan buang-buang waktu saja ". Pendapat demikian, sungguh tidak benar. Ucapan tersebut pasti terlontar dari bibir para pemalas. Para manusia yang tidak ingin maju. Selain itu ide-ide cemerlang dapat tertuang demi adanya perubahan. Misalnya, kita ingin mengkritik sarana dan prasarana yang dimiliki SMADA kurang lengkap. Melalui tulisan tersebut, kemudian kita salurkan ke media sekolah (majalah) untuk disebarluaskan ke seantreo sekolah. Dengan begitu, bapak sarana dan prasarana (Bapak Ahmad) akan mempertimbangkan kritik siswa demi kemajuan Sekolah SMA Negeri 2 Bojonegoro.
Untuk menumbuhkan bakat menulis memang sulit. Tetapi dengan tekat bulat, kita pasti perlahan bisa mengatasinya. Sebenarnya kesulitan menulis itu terdapat pada kosa kata yang kita serap. Hal ini berguna ketika merangkai (menyusun) kalimat. Semakin banyak kosa kata, semakin mahir kita menulis dan begitu sebaliknya. Membaca, membaca, dan membaca adalah satu-satunya cara memecahkan misteri tulis-menulis. Tidak hanya membaca buku pelajaran, koran, majalah maupun novel tidak menjadi masalah. Yang penting terus "MEMBACA".
Perlu diketahui kegiatan tulis-menulis berguna bagi kita ketika masuk Perguruan Tinggi. Dikala ujian skripsi , kita akan mahir jika sudah memiliki bakat tersebut.
Mengenai selanjutnya menjadi wartawan atau penulis terkenal itu tergantung niat tidakkah kita. Berusaha terus membuat dan mencoba adalah alternatif yang bisa kita lakukan. Jika tidak terwujud, jangan putus asa. Kemungkinan bakat kita tidak itu.

1 komentar:

Prawoto R. Sujadi mengatakan...

Selamat untuk dnasty, tugasnya manarik untuk dibaca.

ada beberpa hal yang perlu kamu perhatikan di dlam menulis.

1. Setiap karya tulis harus di beri judul dengan aturan penulisan yang benar.

2. gembor-gembornya, liaht kata itu, benar gak. setahuku gak ada, kalo gembar-gembornya ada dan itu bahasa jawa. Jadi harus di buat miring. kalo perlu di kasih keteranga (......, red)

3. maksud dari kata "sentences" saya tidak paham. lebih baik gunakan kata yang indah dn umum. kalo perlu dikasih keterangan jika sekiranya itu asih dan tandanya miring.

4. Jangan terllu boroos dengan paragraf. dikit-dikit buat paragraf baru.

5. Misalnya : kita ingin... Lihat menulsi dengan gaya seperti ini kurang benar. tanpa titik dua.

Tulisan sudah menari, dan layak idminati, minimal timbul keinginan mambaca. tanda baca sudah lumayan ok. Ditingkatkan terus pada isi pragraf dan penjabaran paragraf.

Ingat menulis itu harus juga melibatkan unsur seni. Jang mengulang kata-kata yang sama. Gunakan sinonim yang lain yang enak di baca.